Senin, 04 Mei 2015

PANIMBAL / TEKO AIR SUCI KUNO “TIRTA NAGA”




Jenis : Teko Air

Nama : Panimbal Tirta Naga

Era : abad ke  -

Bahan Material : Tembaga Bertahta Perunggu

Dimensi :
Tinggi Total : 353 mm
Diameter : -


Deskripsi : 
Teko  ini merupakan alat pelengkap ritual keagamaan yang menjadi kultur budaya Talaga mulai  era Batara Gunung Bitung hingga Pertengahan era Nyi Ratu Simbarkancana. Sebelum masuknya Agama Islam Ke  Talaga.
Pada bagian tengah teko ini di tahtakan relief perunggu berbentuk buda setengah badan yang diapit oleh dua naga yang saling berhadapan, masing masing tertahta di dua sisi teko.
Berdasarkan motif artistiknya yang  bergaya Tibet, bisa disimpulkan bahwa teko ini berada di talaga sebagai  cendra mata dari Raja, Biksu atau Para Tamu Negara Tibet (Tiongkok)  yang berkunjung ke Negri Talaga Untuk mempelajari ajaran “dang Upaka Sarwatiwada” satu ajaran Ke Hinduan yang di sebarkan oleh Batara Gunung Bitung, Raja pendiri Talaga.

Data:
Benda ini di foto pada : 28 April 2015
Fotografer : H Asep Deni H.A
Lokasi Pemotretan : Museum Talagamanggung
No Inv : MTM/XV/01/003
Koleksi : Museum Talagamanggung
Origin :Talaga  -  Indonesia

Rujukan :
Team Peneliti Sejarah Budaya Talaga



“BENDA PENINGGALAN SEJARAH DAN KEBUDAYAAN , BUKAN WARISAN DARI NENEK MOYANG KITA, TAPI MERUPAKAN TITIPAN DARI ANAK CUCU UNTUK KITA JAGA KELESTARIANNYA, SATU SAAT MERAKA AKAN MENANYAKAN HAK MEREKA UNTUK IKUT MELESTARIKAN DAN MEMPELAJARI PERADABAN SEJARAH BUDAYA LUHUR DARI  NENEK MOYANGNYA”

Informasi tentang Sejarah & Budaya Talaga - Majalengka
Klik di :
Penulis : Asep AsDHA Singhawinata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar